Sunday , 21 April 2019
Breaking News

SOSIALISASI

SMK Dwi Putra Bangsa melakukan sosialisasi ke MTs Mathla’ul Anwar Sumur

Senin, 1 April 2019

Pengertian sosialisasi

Manusia disamping sebagai mahluk individu juga sebagai mahluk sosial yang mana manusia yang satu dengan yang lainnya saling membutuhkan. Sedangkan kalau dilihat dari kaca mata agama manusia memiliki dua sisi hubungan yang sangat mendasar yaitu hubungan secara vertikal dan hubungan secara horisontal. Hubungan vertikal yaitu hubungan manusia dengan sang pencipta, dan hubungan secara horisontal yaitu hubungan manusia dengan manusia atau dengan kata lain sosialisasi.

 

Sosialisasi dalam kehidupan seseorang sangatlah penting.

Karena manusia adalah seorang makhluk sosial, makhluk yang tidak bisa hidup sendirian. Manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, sangat membutuhkan teman, dan membutuhkan komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Sosialisasi juga berguna untuk mengembangkan potensi kemanusiaannya, sehingga bisa menjadi pribadi yang baik dan bisa hidup bermasyarakat dengan baik. Sosialisasi juga bisa digunakan untuk sarana belajar bagaimana menyesuaikan diri dengan orang lain dan juga menyesuaikan diri dengan lingkungan. Hal itu digunakan agar kita sebagai manusia bisa bermasyarakat dengan baik.

 

Proses sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial. Menurut pandangan Kimball Young (Gunawan : 2003) Sosialisasi ialah hubungan interaktif yang dengannya seseorang mempelajari keperluan-keperluan sosial dan kultural yang menjadikan seseorang sebagai anggota  masyarakat.

 

Sosialisasi tentang sekolah diperlukan untuk menumbuhkan minat siswa dan siswi yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Promosi juga tidak kalah penting untuk mengajak dan menambah jumlah pelajar di sekolah SMK Dwi Putra Bangsa.

 

Kegiatan yang dilakukan selama sosialisasi :

  1. Pengenalan sekolah dan lingkungan sekolah
  2. Pengenalan dan penjelasan tentang jurusan yang ada
  3. Penjelasan tentang Ekstrakurikuler dan Fasilitas yang ada
  4. Pembagian Brosur pendaftaran
  5. Pemutaran video profil sekolah

Kurang lebih ada 70 pelajar kelas IX di MTs Mathla’ul Anwar sumur yang akan melanjutkan sekolah. Dan ada lebih dari 60 yang mengikuti sosilasasi.

 

Potret kegiatan sosialisasi

 

Demikian laporan kegiatan ini dimuat, penulis mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila ada kata yang kurang menyenangkan dihati pembaca.

” SELAMAT MEMBACA !!! “

 

Contributor

 

Tati Acsifah XI TKJ 1

 

 

Check Also

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMK DWI PUTRA BANGSA TAHUN 2019/2020

 Pendaftaran di buka mulai 01 April 2019 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK DWI PUTRA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *