Wednesday , 13 November 2019
Breaking News

EKSTRAKURIKULER YANG ADA DI SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya diluar jam belajar kurikulum standar. kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditunjukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang diluar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.

Kegiatan ekstrakurikuler ini sendiri dapat  kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadaian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.

Adapun ekstrakurikuler yang ada di SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU yaitu berbagai ekskul yang kami adakan diantaranya:

> Ekskul futsal_ ekstrakurikuler ini merupakan salah satu ekskul yang sudah lama di SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU. Futsal adalah salah satu olahraga yang paling populer dikalangan anak muda sekarang, terutama bagi kaum laki-laki. Karena olahraga ini adalah turunan dari olahraga sepak bola tetapi dengan jumlah yang sedikit dan luas lapangan yang lebih kecil dari lapangan sepak bola. Di SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU ekskul ini sangat cukup di gemari oleh siswa disini. Ekstrakurikuler futsal ini diadakan setiap hari selasa dan hari kamis sore untuk pelatih pembinanya adalah dari Guru olahraga di SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU. Ekstrakurikuler futsal diadakan dengan tujuan menyediakan wadah untuk siswa menyalurkan hobinya dan menghadirkan corak positif kepada para siswa yaitu sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Ekstrakurikuler futsal SMK DWI PUTRA BANGSA

Ekskul volly ball adalah ekskul yang sangat di gemari oleh kaum perempuan, bukan hanya kaum perempuan saja  di SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU kaum laki-lakinya pun sangat suka dengan ekskul ini. permainan ini dimaikan oleh dua grup berlawanan, masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Ekskul ini biasa diadakan setiap hari selasa dan rabu. Adapun pemibimbing atau pelatihnya kami ngambil dari luar, tentunya pemain volly yang sudah handal dan tau tekhnik-tekhniknya volly tersebut.

Ektrakurikuler volly ball

Ekskul pencak silat _ pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang diciptakan untuk mempertahankan diri dari bahaya yang dapat mengancam keselamatan. Adapun tujuan ekskul pencak silat ini diadakan yaitu untuk membentuk dan mendidik kader-kader siswa agar memiliki sikap ksatria, berani membela kebenaran dan keadilan, disiplin yang tinggi serta tanggung jawab lahir dan batin. Membentuk siswa yang sehat, cerdas dan berprestasi dan memdidik generasi muda agar tidak terjerumus pergaulan bebas dan obat-obat terlarang, serta sebagai wadah bagi generasi yang mempunyai hobi olahraga khususnya beladiri untuk menyalurkan bakat minatnya.

Ekstrakurikuler pencak silat

 

> Eksul seni vokal menjadi ekskul yang paling banyak diminati bagi siswa-siswi yang hobi menyanyi, untuk melatih vokalnya. Selain siswa-siswi yang mengikuti ekskul ini para guru-guru SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU pun mengikuti ekskul ini. Karena lewat ekskul ini para siswa yang mempunyai bakan di bidang tarik suara bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki. Di ekstrakurikuler ini mereka di latih dan di bimbing bagaimana melatih vokal yang baik dan benar.

Ekstrakurikuler seni vokal/paduan suara

Eksul marching band. Marching band adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik ( tiup, perkusi dan sejumlah instrumen pit ) secara bersama-sama. Tujuan ekskul ini yaitu untuk menggali bakat para siswa dan minatnya terhadap seni baris-berbaris musik dan hal yang tidak kalah penting yaitu menjadikan siswa-siswi lebih disiplin, menggali bakat dan minatnya terhadap seni, dan budaya indonesia.

Ekstrakurikuler marching band

Ekskul marawis adalah salah satu jenis band tepuk dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Musik ini merupakan kolaborasi antarakesenian timur tengah dan betawi, dan memiliki unsur keagamaan yang kental. Karena tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta. Ekskul marawis di SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU ini sering kami tampilkan pada saat pembukaan pengajian hari juma’at dan hari-hari tertentu.

>Ekskul pramuka di SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU adalah ekskul yang wajib di kurikulum 2013. Ekskul ini bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjungjung tinggi nilai-nilai bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani, serta menjadikan siswa siswi  berjiwa pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi siswa yang baik dan berguna yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

 

 

Ekstrakurikuler pramuka

Kegiatan ekstrakurikuler sangat penting di SMK DWI PUTRA BANGSA CIMANGGU karena dalam kegiatan tersebut siswa mendapatkan pengalaman langsung, terlibat secara aktif dalam kegiatan tersebut dan menyediakan cukup waktu diluar jam efektif pelajaran, sehingga pendidikan nilai lebih terakomodasi melalui aktivitas kegiatan ekstrakurikuler.

 

 

Contributor

Lina SL

Check Also

Lowongan Guru Produktif Komputer

SMK Dwi Putra Bangsa membutuhkan Guru Produktif Komputer Tanggung Jawab Pekerjaan : • Mampu mengajar …

Leave a Reply

WhatsApp chat